Tutorial merubah File CDR ke AI



Tutorial merubah File AI ke CDR - Dihari yang cerah ini saya akan membagikan sebuah trik yang mungkin berguna bagi kalian yaitu cara merubah file cdr ke ai. mungkin salah satu dari kalian pernah mengalami masalah saat mencari sebuah templete ai atau coreldraw namun saat selesai mendownload file tersebut dan dibuka file tidak sesuai yang diharapkan, entah saat mendownload file cdr yang muncul malah file ai ataupun sebaliknya. saya dulunya juga sering mengalami masalah ini namun setelah saya tanya kesana-kesini dan cari disana dan disini akhirnya saya menemukan cara cepat untuk merubag file cdr ke ai atau sebaliknya. namun kelemahan dari cara ini adalah kamu harus memiliki kedu software ini.
Nah dengan cara ini kamu jadi lebih gampang meng-edit templete yang telah kamu download tadi, kenapa saya membagikan cara ini ? kan CorelDraw dan adobe illustrator sama-sama aplikasi pengolah gambar berbasis vector ? karena setip orang itu berbeda-beda ada yang hanya menguasai CorelDraw, ada yang hanya menguasai adobe illustrator dan mungkin bisa menguasai kedua-duanya, nah cara ini saya peruntukan untuk orang yang haya menguasai satu bidang. Namun ditutorial kali ini saya tidak menyertakan gambar saya hanya menyertakan versi text dan video dalam tutorial kali ini.

Cara Convert File CDR ke AI Atau Sebaliknya

Untuk cara dibawah ini saya akan mengubah file ai ke cdr simak dengan baik.
  1. Buka terlebih dahulu Software Adobe illustrator.
  2. lalu buka file yang akan disimpan dalan bentuk lain.
  3. Setelah gambar terbuka, pergi kemenu File >> SaveAs >> dimenu save as type cari PDF kemudian tekan save.
  4. Setelah itu tutup adobe illustrator dan buka Coreldraw.
  5. Setelah coreldraw terbuka pergi kemenu File >> Open >> cari tempat file PDF yang barusan kamu simpan dan buka file tersebut.
  6. Templete siap dipakai.

Nah diatas telah saya terangkan sedikit cara merubah file cdr ke ai atau sebaliknya semoga tutorial yang saya sampaikan kali ini bisa bernafaat bagi pembaca dan jangan lupa untuk mengunjungi blog Eio Arts setiap hari karena blog ini akan diupdate setiap hari.

4 Responses to "Tutorial merubah File CDR ke AI"

  1. gan yang pling enak pake corel brp?

    ReplyDelete
  2. mau tanya, saya menggunakan CDR tapi sering diminta mengirim file AI, jika dirubah ke file AI apa masih bisa di edit (garis, warna dll)? apa lebih baik file PDF atau AI aja?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel